Handphone phothography : panorama

Halow sobat serufo.. Perkembangan dunia gadget sedemikian pesat sampai hari ini terutama handphone. Bila kita menilik 3 – 7 tahun silam, handphone yang tadinya hanya berfungsi sebagai alat komunikasi mulai memberikan warna baru dalam dunia fotografi. Walaupun saat itu dengan kemampuan yang pas-pasan dengan dibenamkannya kamera digital pada handphone merupakan hal yang cukup menghebohkan. Banyak para praktisi dan penggiat fotografi juga instansi yang menyelenggarakan seminar, lomba dll terkait kamera handphone. Serufo saat itu juga pernah menyelenggarakan seminar mengenai optimalisasi kamera digital pocket dan handphone. Beberapa anggota serufo juga sempat menjuarai beberapa event lomba fotografi handphone.
Kini, menjamurnya Smartphone yang dibekali kamera beresolusi tinggi semakin memperkekeh keberadaan karya-karya fotografi handphone. sistem operasi yang beragam seperti android black berry dll sedikit banyak telah memperluas pengembangan aplikasi kamera dan aplikasi pengolah foto handphone yang beragam sehingga menghasilkan karya-karya foto yang luar biasa.
Pada kesempatan kali ini serufo akan berbagi tips mengenai aplikasi-aplikasi pengolah gambar untuk kamera handphone khususnya untuk membuat foto panorama.
Menurut wikipedia.co.id panorama adalah gambar yang melukiskan pandangan umum atau secara luas tentang sebagian wilayah sesuatu negeri. Panorama dipertunjukkan bagian demi bagian pada suatu saat dengan membuka gulungan demi gulungan di hadapan penonton.
Beberapa handphone sudah support untuk membuat foto panorama tanpa kita harus repot mendownload aplikasi, namun adakalanya hasil fotonya kurang memuaskan jika dibandingkan dengan menggunakan aplikasi panorama. Aplikasi foto panorama dari pihak ketiga memiliki fitur yang sangat mengesankan. Kita dapat memotret dan langsung membagikan pada akun jejaring sosial atau disimpan dan diedit secara langsung tanpa bantuan PC. Berikut beberapa aplikasi bagi sobat pemilik handphobe android yang patut diacungi jempol.
1. 360°
360° adalah aplikasi pembuat panorama yang dikembangkan oleh Teliportme dan bisa diunduh secara gratis di Google Play Store. Satu hal yang membedakan aplikasi ini dengan yang lainnya adalah fiturnya yang digratiskan sejak awal seperti mengambil panorama dengan posisi layar berdiri, hingga menggunakan kualitas resolusi tinggi.
Dalam update terbaru, mereka menambahkan fitur “Stitch Later” yakni menunda penggabungan gambar di lain waktu. Bermanfaat bila baterai ponsel nyaris habis dan ingin melanjutkan penggabungan saat sedang terhubung dengan pengisi daya. Fitur tersebut bisa dibuka dengan membayar 1 dollar atau sekitar Rp 10.000.
2. Photaf
Ada 2 versi Photaf yaitu versi gratis dan versi Pro yang berbayar. Untuk menggunakannya, sobat bisa menjalankan fungsi manual maupun automatic shutter. Di opsi automatic shutter, bidik objek, pilih bulatan shutter di tengah, dan tinggal menggeser pandangan sesuai dengan arah panah. Sensor pintar Photaf akan menangkap gambar yang sesuai secara otomatis ketika menggeser kamera dengan konstan dan stabil. Tampilan di sebelah kiri bawah dan waterpass yang ada di sebelah kanan dan atas layar akan membantu menggeser dengan tepat sebelum Photaf merekam foto selanjutnya.
3. HD Panorama
Sama dengan aplikasi lainnya, hd panorama menawarkan fitur high resolution dengan smooth dan fast panorama stitching.

Berikut beberapa hasil jepretan dari kamera handphone mimin menggunakan aplikasi panorama

sewaktu mimin nongkrong di rel kereta api mini di TMII, pake Aplikasi HD panorama, kamera hp 8.0 MP
sewaktu mimin jalan-jalan di jembatan ampera, pake Aplikasi HD panorama, kamera hp 8.0 MP,
Dari hasil diatas terlihat kelamahannya bagaimana aplikasi panorama tetap saja tidak dapat mengatasi pemotretan obyek yang bergerak jika dibandingkan foto panorama yang dibuat dengan lensa wide atau fish eye yang cukup sekali saja mengambil gambar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *