JFMI X Ternate

serufouny-20170905-0001 UKM Serufo UNY kembali mengikuti acara tahunan “bergengsi” antar UKM fotografi yang ada di Indonesia yaitu Jambore Fotografi Mahasiswa Indonesia (JFMI). Tahun ini Serufo UNY mengirimkan empat orang delegasi yaitu Rinaldi Bagaskara (Ilmu Sejarah-2014) yang juga sebagai ketua umum Serufo periode 2017,  Melly Permata Bella (Kebijakan Pendidikan-2014), Ika Marista Berliana (Manajemen-2015) dan Riyan Fajar Subekti (Pendidikan Teknik Elektronika-2016).

Jambore Fotografi Mahasiswa Indonesia (JFMI) merupakan ajang silaturahmi antar komunitas/organisasi fotografi mahasiswa seluruh Indonesia, tempat saling berbagi ilmu fotografi serta saling mengenal budaya dan kekhasan dari suatu daerah yang terpilih menjadi tuan rumah JFMI. JFMI telah terlaksana di 8 kota yaitu Yogyakarta, Bandung, Malang, Surabaya, Lombok, Lampung, Makasar, Solo dan Cirebon.

Tahun ini merupakan tahun kesepuluh terselenggaranya JFMI dan Ternate terpilih menjadi  tuan rumah. Dimulai sejak tanggal 26 Agustus sampai dengan 30 Agustus 2017.

snapgunadarma-20170905-0002

Hari pertama kegiatannya adalah pembukaan lalu dilanjutkan workshop tentang “Traveller Photography” yang diisi  oleh  Don Hasman yang merupakan Ketua Asosiasi Fotografer Indonesia dan juga Fotografer Indonesia yang tercatat sebagai “100 Famous Fotografer International” di majalah ternama National Geographic dan workshop tentang “Basic Photography” oleh Ray Syahputra. Kegiatan ini bertempat di Hall Rektorat Universitas Khairun Ternate. Setelah acara workshop, peserta diajak untuk berburu pemandangan yang ada diuang seribu yaitu di Pulau Maitara yang terletak di antara Pulau Tidore dan selatan Pulau Ternate, atau lebih tepatnya berada di Kota Tidore Kepulauan (Tikep).

Hari kedua dan ketiga  merupakan acara hunting. Hari kedua di Kedaton Ternate, Danau Tolire dan Pantai Sulamadaha dan hari ketiga menyebrang ke Tidore untuk mengunjungi kedaton Sultan Tidore, Benteng Tahula, Benteng Tore, Kelurahan Gura Bunga dan Pantai Jigo Maleo.

Hari keempat diisi dengan “berburu” oleh-oleh khas dan ke tempat pembuatan batik dan dilanjutkan dengan wisata kuliner 33 kuliner khas Ternate. Setelah itu memotret model yang disediakan oleh panitia di Hutan Cengkeh.

Hari kelima alias hari terakhir diisi dengan snorkeling dan diving di Pantai Jikomalamo. Malamnya diisi dengan pengumuman pemenang lomba foto selama  hari H dan dilanjutkan dengan penutupan.

snapgunadarma-20170905-0001

Banyak sekali pengalaman serta pelajaran yang didapat selama mengikuti JFMI ke-X tahun ini yang tentu tidak dapat dilukiskan dengan kata-kata. Sampai jumpa di JFMI ke-XI di Jember! (Putri Setya)

Leave a Reply

Be the Pertamax to Comment Gan!

Notify of
avatar
wpDiscuz