PAMERAN DIKJUT “Kotak Pandora” UKM SERUFO 2017

Hallooo lur
Piye kabare lur? Alhamdulillah sehat sehat kabeh.
Artikel ini akan membahas tidak lain dan tidak bukan yaitu Pameran Dikjut SERUFO UNY 2017. Diselenggarakan pada tanggal 05-07 Mei 2017 dengan opening pameran pada hari Jumat, 05 Mei 2017 di Galery Tahunmas, Kasongan, Bantul, DIY. Pameran ini diperuntukan bagi angkatan ‘18 di Serufo / angkatan ‘15 & ’16 yang sudah melewati tahap sebelumnya yaitu Diksar (Pendidikan Dasar) bisa dibilang ini adalah pameran puncak bagi angkatan tersebut.

Apa sih temanya?

Tema pada pameran kali ini adalah “Fantasi”. Fantasi adalah hal yang berhubungan dengan khayalan atau dengan sesuatu yang tidak benar-benar ada dan hanya ada dalam benak atau pikiran saja. Kata lain untuk fantasi adalah imajinasi. Alasan mengangkat ini karena bersifat bebas dan imajinatif agar lebih mengexplore lagi angan angan.
Trus apa kenapa judulnya kotak pandora?

pandora

Alkisah Kotak Pandora.
Untuk menghukum umat manusia karena telah mencuri api dari Gunung Olimpus, Zeus menyuruh salah satu anaknya, Hefaistos dewa pandai besi, untuk membuat seorang manusia. Maka terciptalah manusia perempuan pertama di dunia. Setelah diciptakan, Athena mengajarinya menenun dan menjahit serta memberinya pakaian, Afrodit memberinya kecantikan dan hasrat, para Kharis memakaikan padanya perhiasan, para Hoirai memberinya mahkota, Apollo mengajarinya bernyanyi dan bermain musik, Poseidon memberinya kalung mutiara, Hera memberinya rasa penasaran yang besar, Hermes memberinya kepandaian berbicara serta menamainya Pandora, bermakna “mendapat banyak hadiah”.

Zeus kemudian memberikan Pandora pada Epimetheus untuk dinikahi. Prometheus, saudara Epimetheus, berusaha memperingatkannya untuk tidak menerima Pandora tetapi Pandora begitu mempesona sampai-sampai Epimetheus mau menikahinya. Pada hari pernikahan mereka, para dewa memberi hadiah berupa sebuh kotak yang indah dan Pandora dilarang untuk membuka kotak tersebut.

Suatu hari, Pandora sangat penasaran dan kemudian membuka kotak tersebut. Setelah dibuka, tiba-tiba aroma yang menakutkan terasa di udara. Dari dalam kotak itu terdengar suara kerumunan sesuatu yang dengan cepat terbang ke luar. Pandora sadar bahwa dia telah melepaskan sesuatu yang mengerikan dan dengan segera menutupnya tapi terlambat, Pandora telah melepaskan teror ke dunia. Masa tua, rasa sakit, kegilaan, wabah penyakit, keserakahan, pencurian, dusta, cemburu, kelaparan, dan berbagai malapetaka lainnya telah bebas. Semua keburukan itu menyebar ke seluruh dunia dan menjangkiti umat manusia. Pandora sangat terkejut dan menyesal atas apa yang telah dilakukannya. Dia kemudian melihat ke dalam kotak dan menyadari bahwa ternyata terdapat satu hal yang tersisa dan tak terlepas dari kotak tersebut, yaitu harapan. Harapanlah satu-satunya hal yang dapat menenangkan manusia dari penderitaan yang mereka alami.

Nah itu tadi sedikit penjelasan tentang judulnya, semoga kalian paham dengan isi ceritanya.
Kami mengucapkan banyak terima kasih atas kedatangan,dukungan,doa serta apresiasi kalian dimana pun kalian singgah dan berada. Sampai bertemu di Pameran berikutnya. (Risang)

pamerandikjut

Leave a Reply

Be the Pertamax to Comment Gan!

Notify of
avatar
wpDiscuz