SKRIP KARYA : PENSIL SEBAGAI SIMBOL FENOMENA SOSIAL DALAM PENCIPTAAN KARYA SENI

DOKUMEN INI MILIK :
I Kadek Guna Tiana
NIM : 2006.04.033
Program Studi : Seni Murni
Minat : Seni Lukis
ISI DENPASAR
ABSTRAK
PENSIL SEBAGAI SIMBOL FENOMENA SOSIAL DALAM
PENCIPTAAN KAYRA SENI LUKIS
Skip karya ini mengangkat tema, Pensil sebagai simbol fenomena sosial dalam penciptaan karya seni lukis . Disini ide yang ditampilkan pencipta, melihat fenomena sosial seperti: pengabdian, kemiskinan, kebersamaan, perjuangan, pendidikan. Ide tersebut dituangkan pencipta dalam bentuk pensil sebagai symbol fenomena ke dalam karya seni. bentuk-bentuk pensil dengan berbagai variasi bentuk seperti pensil yang berisi patung batik, pensil yang berisi boneka anakanak, pensil yang berisi patung babi dan lain- lain, yang sarat dengan maknamakna dan simbol-simbol yang berkaitan dengan fenomena sosial yang Menjadikan keinginan pencipta menuangkan ide tersebut menggunakan bentuk pensil yang akan dikombinasikan dengan patung liberti, sendal jepit, anak panah, bangunan, tikus, jam weker, dimana itu semua bisa mewakili simbol-simbol yang pribadi sifatnya, berdasarkan pengalaman secara langsung maupun tidak langsung. Dari fenomena tersebut di atas pencipta mengangkat pensil sebagai simbol fenomena sosial dalam penciptaan karya seni lukis.
Penerapan dalam karya ini adalah melalui pengamatan obyek secara langsung maupun tidak langsung yang menyangkut tema, melalui pengamatan karya-karya terdahulu, melalui media komunikasi atau media cetak lainnya, yang kemudian diteruskan pada proses penciptaan karya melalui tahap penjajakan, tahap eksperimen dan tahat pembentukan, sehingga terwujud dua belas karya seni lukis yang sesuai dengan tema-tema yang diinginkan seperti seperti: (1) Perjuangan, (2) Meluncur, (3) Mungkin di sini aman, (4) Guru dengan kemiskinan, (5) Mengulang lagi, (6) Tikus dengan pensil, (7) Sebuah harapan, (8) Mimpi di atas awan, (9) Kebebasan, (10) Belum menggapai tujuan, (11) Kesempatan, (12) diantara biru.
Akhinya dapat disimpulkan terkait dengan tema di atas, bahwa pensil memiliki berbagai pariasi bentuk yang memiliki makna-makna dan simbol yang terkait dengan fenomena- fenomena saat ini, sehingga mendorong imajinasi pencipta untuk memunculkan ide- ide karya seni lukis melalui berbagai pengolahan teknik dan bahan yang digunakan untuk menciptakan karya yang dinamis dan sarat dengan makna yang ingin disampaikan lewat visual rupa.

Your email address will not be published. Required fields are marked *