Tips Merawat Lukisan

Lukisan bermacam-macam teknik membuatnya untuk mengetahui cara mewaratnya yang pertama sobat serufo lakukan adalah mengidentifikasi dari cat apakah lukisan sobat serufo terbuat.

Cat Minyak

 blue moon, oil on canvas, by anjar n.

Cara merawat lukisan yang terbuat dari cat minyak tidak terlalu sulit. Sobat serufo dapat menggunakan oil painting. Sobat serufo dapat menggunakan kain lap atau kuas bersih untuk membantu sobat serufo mengaplikasikan oil painting tersebut. Usapkan kain yang telah diberi oil painting tersebutpada lukisan sobat serufo dan diamkan beberapa saat. Apabila sobat serufo tidak memiliki oil painting sobat serufo dapat menggunakan roti tawar sebagai gantinya seperti yang dilakukan Museum Basoeki Abdullah untuk merawat sejumlah lukisan karya pelukis kenamaan itu.

Seperti yang dilansir Kapanlagi.com, Kepala bagian perawatan Museum ‘Basoeki Abdullah’, Arif Rahman, di Jakarta, mengatakan, semua lukisan yang menggunakan cat minyak, yang ada di museum itu dirawat dengan menggunakan roti tawar. Roti tawar ini digunakan untuk menyerap debu yang menempel,” kata dia, sambil mengusap sebuah lukisan terakhir Basoeki Abdullah yang berjudul ‘dari goresan Ibu Tien Soeharto’.

Cara penggunaan roti tawar untuk membersihkan debu di lukisan itu berbeda dengan lap kain halus atau kuas lembut. Roti tawar dipegang, kemudian dijalankan di permukaan lukisan. Tidak boleh ditekan, jadi cuma antara menempel dan tidak, nanti debu yang ada akan terserap. Setelah seluruh permukaan lukisan diusap dengan roti tawar sampai bersih, proses berikutnya adalah mengoleskan cairan kimia khusus untuk melindungi warna lukisan agar tidak pudar.

Arif mengaku tidak tahu apakah perawatan lukisan seperti itu lazim dilakukan para kolektor lukisan maupun pelukis. “Saya tidak berani mengatakan apakah ini cara yang terbaik atau tidak, karena ini hanya mengikuti kebiasaan almarhum dalam memelihara lukisan-lukisannya,” kata dia.Menurut Arif, semua lukisan cat minyak yang dirawat seperti itu, hingga kini masih dalam kondisi baik, bahkan tidak mengalami perubahan warna yang signifikan. “Warna lukisan kelihatan aslinya, tidak ada yang rusak,” kata dia sambil menyentuh lukisan pemandangan karya pelukis kelahiran Solo 27 Januari 1915 itu.

Sementara itu, menurut Edi Tompel, seorang pelukis di kawasan Gedung Kesenian Jakarta, perawatan dengan roti tawar memang unik karena tidak biasa dilakukan oleh pelukis. “Meskipun setiap pelukis memiliki cara sendiri, tapi biasanya tidak aneh-aneh. Paling pakai vernis untuk melindungi lukisan,” katanya.

Membersihkan lukisan jenis ini menggunakan air sangat tidak dianjurkan, karena dapat menimbulkan jamur. Sobat serufo juga dapat menggunakan cara tradisional untuk menghindari lukisan sobat serufo dari ngengat atau kutu dengan menggunakan bubuk lada yang ditaburkan dibelakang kanvas, setelah itu sobat serufo dapat tepuk-tepuk dibelakang kanvas.

Cat Akrilik

 “morning” acrylic on canvas, by anjar n.

Lukisan jenis ini tidak perlu menggunakan oil painting, karena cat akrilik berbahan dasar air. Sobat serufo dapat menggunakan kuas dan kain lap yang bersih dalam keadaan kering. Apabila kotoran pada lukisan cukup banyak, sobat serufo dapat menggunakan air sedikit, setelah itu sobat serufo dapat melapisi lukisan sobat serufo agar cat dapat bertahan lebih lama dengan bahan khusus transparan untuk cat akrilik

Cat Air

 home, cat air pada kertas, by anjar n.

Sobat serufo dapat menggunakan Lap kering untuk membersihkannya. Apabila lukisan sobat serufo terkena jamur, sobat serufo dapat menggunakan pemutih pakaian untuk membersihkannya. Membersihkan menggunakan pemutih pun ada tekhniknya. Sobat serufo harus menggunakan kain lap untuk mengaplikasikannya, letakkan kertas dibawah lukisan sobat serufo, kemudian sobat serufo dapat menekannya dari belakang setelah itu mengangin-anginkannya. Apabila lukisan sobat serufo yang terkena jamur sudah rapuh, ada baiknya sobat serufo serahkan kepada ahlinya.

Krayon atau pensil


 fruit, crayon on paper, by agung n.

 fly, venus pegassus. pencil on paper, by anjar n.
Cara merawatnya jauh lebih mudah, sobat serufo hanya perlu membersihkannya menggunakan kain kering dengan cara mengelapnya dengan kain tersebut dan kemudian dijemur lalu diangin-anginkan sebentar.

Bulu

 foto: istimewa

Cara merawat lukisan bulu ini hampir sama dengan merawatt lukisan dari cat minyak.Yang terpenting, sobat serufo harus melapisi terlebih dahulu bulu itu dengan bahan pelapis untuk lukisan cat minyak agar lebih mudah merawat dan membersihkannya.

referensi : Kapanlagi.com, Majalah Eve agustus 2009

Your email address will not be published. Required fields are marked *