UKM Serufo Juara 1 Lomba Mural di Toboali

1501754251385

Universitas Negeri Yogyakarta selalu mewadahi minat dan bakat mahasiswanya untuk terus dikembangkan. Tak terkecuali di bidang kesenian, UKM Serufo merupakan salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa yang menjadi wadah pengembangan minat dan bakat mahasiswa UNY dibidang Seni rupa dan Fotografi. Beberapa prestasi telah berhasil ditorehkan UKM Serufo, dan yang terbaru adalah berhasil meraih Juara 1 pada lomba mural nasional di Toboali, Bangka Selatan, Bangka Belitung.

Acara yang diselenggarakan oleh pemerintah Kabupaten Bangka Selatan yang bertajuk Toboali City on Fire (TCOF) Season 2  merupakan acara tahunan yang bertujuan untuk memperkenalkan pariwisata di Bangka Selatan khususnya Toboali kepada wisatawan lokal maupun mancanegara, dan tahun ini merupakan tahun kedua diselenggarakannya acara tersebut. Rangkaian kegiatan dan lomba diadakan guna menarik wisatawan antara lain festival barongsai, oriental mural festival, festival tari kreasi daerah, festival band, melukis tudung saji, festival layang-layang, festival film dokumenter, photo competition, Toboali Fashion festival, shooting target competition. Acara ini sendiri diselenggarakan dari tanggal 28 Juli 2017 hingga 30 Juli 2017.

1501749227628

UNY mengirimkan perwakilan 1 (satu) tim mural yang terdiri dari 4 (empat) mahasiswi yaitu Yessica Hana Nur Fadila (Pendidikan Seni Rupa-2015), Mala Kurnia Sari (Pendidikan Seni Rupa-2015), Aldila Putri Widiastuti (Kimia-2014), dan Anggara Nuruningtyas Sinta (Manajemen-2016) dipersatukan di dalam UKM Serufo dan mendalami bidang seni rupa. Tim yang dijuluki “Srikandi Jogja” oleh masyarakat Toboali meraih posisi pertama pada lomba mural yang bertemakan “Chinese Oriental”. “Kami cukup terkejut dengan hasil yang kami peroleh, karena tim yang lain juga hebat dan bagus, kami sangat senang akhirnya perjuangan kami terbayarkan dengan hasil terbaik sesuai harapan yaitu juara 1 (satu)” tutur Aldila atau yang biasa disapa Dila selaku ketua tim mural UKM Serufo.

1501748780297-01

Proses panjang pun dilalui oleh ke 4 (empat) srikandi UKM Serufo. Mulai dari seleksi ketat yang diadakan oleh UKM Serufo sendiri, sampai terpilih ke-4 (empat) srikandi ini. Selanjutnya adalah tahap latihan pra-lomba seperti mengeksekusi konsep mural yang akan dibuat. UKM Serufo sendiri mengetahui adanya event TCOF season 2 ini dari Vincent yang merupakan alumni UNY dan UKM Serufo. “Saya merasa ikut senang dan bangga, perjuangan dan kerja keras mereka berhasil memboyong piala juara 1 (satu)” kata Wigianto selaku mentor tim UKM Serufo yang juga adalah alumni dari Pendidikan Seni Rupa UNY 2010. Kerja keras dan do’a akhirnya mengantarkan mereka untuk meraih posisi pertama mengalahkan peserta lain yang juga berasal dari berbagai daerah. Selamat para srikandi UKM Serufo atas prestasi yang telah diraih. (Putri Setya M)

 

Leave a Reply

Be the Pertamax to Comment Gan!

Notify of
avatar
wpDiscuz