Pameran Ekspedisi SERUFO UNY 2023: Mengungkap Kertoembo

UNY, Yogyakarta – Pameran dokumenter berjudul “Kertoembo” menjadi sorotan utama di Student Center UNY pada tanggal 6-8 November 2023. Mengambil inspirasi dari keunikan dan keindahan Kampung Kertoembo di Lembah Wilis, Madiun, pameran ini merupakan hasil dari Ekspedisi UKM Serufo 2023 yang menggali kisah-kisah tak tersentuh, dihadirkan melalui karya seni rupa dan fotografi.

Dibuka secara resmi pada Senin, 6 November 2023, pukul 16.30 WIB, acara dimulai dengan pemotongan tumpeng sebagai simbol peringatan HUT SERUFO yang ke-25. Puncak pembukaan juga menyajikan sesi “SERUFO Dulu, Kini, dan Nanti” dari pukul 18.20 hingga 20.00 WIB.

Pameran ini menampilkan karya-karya inspiratif dari para pameris yang mengikuti perjalanan ekspedisi:

– Alfian Adam, Afrizal Kurnianto, Isnaeni Irmawati, Muhammad Raihan Azka, Rendi, Rinaldi Bagaskara, dan Rizky Riffandi dalam bidang fotografi.

– Marina Juliana, Maura Alma Alandia, Riyan Pammos, dan Rizky Riffandi dalam seni rupa.

 

Tak hanya pameran, rangkaian acara turut menawarkan Workshop Cukil Kertoembo yang dipandu oleh Bagas Wilis Firmansyah pada Selasa, 7 November 2023, pukul 15.00-17.00 WIB di Student Center Lt. 2 Sayap Timur.

Selain itu, acara mengadakan Bedah Karya Fotografi dan Seni Rupa pada tanggal yang sama, dimulai pukul 18.00 dan 19.00 WIB.

Salah satu sorotan karya seni rupa yang menarik perhatian adalah “Batang Praduga” karya Marina Juliana. Karya ini menggambarkan sebuah pohon yang diletakkan dengan penyangga di antara tanah dan pepohonan. Makna filosofis dari karya tersebut menjadi perbincangan menarik: apakah sebagai penghalang atau justru sebagai magnet perhatian untuk sesuatu yang lebih dalam? Pertanyaan-pertanyaan ini menggugah imajinasi, apakah pohon itu adalah jembatan bagi makhluk-makhluk lain atau sekadar simbol keserakahan mencari rezeki?

Sementara pada 8 November 2023, pukul 18.50 hingga 20.20 WIB, pameran ditutup dengan penampilan dari band-band lokal seperti Rumah Tiga Sisi, Partikular, dan Grass n Hopper.

Acara pameran ini merupakan kesempatan langka untuk menjelajahi keindahan dan kisah yang belum banyak terekspos dari Kampung Kertoembo, Madiun.

5 2 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments