Serufo Akan Turut Serta dalam FKY 2009


YOGYAKARTA – UKM Serufo akan turut serta dalam Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) XXI tahun 2009 ini. Hal ini menurut markhaban mursyid (anggota ika alumni serufo) adalah bukan yang pertama kalinya UKM serufo turut serta dalam event ini. Namun, para anggota dan pengurus serufo hendaknya dapat mempersiapkan betul-betul agar segala sesuatunya dapat berjalan dengan lancar.
FKY yang semula direncanakan berlangsung sebulan penuh yaitu tanggal 7 Juni-7Juli 2009 tidak dapat dilaksanakan, karena berbenturan dengan masa tenang kampanye Pilpres yang berlangsung tanggal 1-7 Juli. Sehingga FKY XXI akan diselenggarakan hanya selama 23 hari yaitu pada tanggal 7 – 30 Juni 2009.
Dalam Program acara F K Y tersebut antara lain akan dilaksanakan:
1. Karnaval : kesenian dari kabupaten/kota, marching band, dll
2. Pentas seni selama 23 hari
3. Pameran Seni Rupa
4. Pasar seni yaitu Pameran kerajinan/produk seni lainnya
5. Pameran Kuliner.
Tempat untuk pasar seni dan pameran kuliner dan panggung utama, seperti tahun-tahun sebelumnya yaitu di Benteng Vredeburg.
Ketua Panitia FKY XXI Drs Kasidi Hadiprajitno, M.Hum mengatakan pagelaran FKY akan dipusatkan di Benteng Vredeburg ini mengambil tema ”Golong Gilig: Seni dan Budaya Berawal dari Keluarga”. Golong-gilig ini adalah spirit yang pernah dijadikan pegangan untuk menggelorakan semangat perjuangan kawulo Ngayojokarto ketika Pangeran Mangkubumi berjuang melawan Belanda paska Giyanti tahun 1755. ”Pesan dari tema ini adalah persatuan dan kesatuan dalam berkesenian, yang tidak mengenal sekat pemisah,” jelas Kasidi.

sumber / kutipan:
-Republika Newsroom
Sabtu, 16 Mei 2009 pukul 17:40:00
-http://ina-media.blogspot.com/2009/03/festival-kesenian-yogyakarta-segera.html
-http://gudeg.net/news/2009/05/4522/FKY-Mulai-Kehilangan-Rohnya.html

Your email address will not be published. Required fields are marked *